Kenapa kita harus mengkonsumsi banyak buah???

    Untuk hidup sehat dan energik, tubuh kita hrus bebas dari racun-racun yang dapat membahayakan sel-sel tubuh. Agar sel-sel tersebut dapat menjalankan fungsinya dengan baik, mereka harus menerima zat-zat gizi yang baik pula. Dari sekian banyak makanan yang ada di sekitar kita, buah merupakan salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi bagi tubuh karena:

1.Bagian terbesar dari buah adalah air, sama seperti tubuh kita.
   Seperti kita ketahui 80% dari tubuh kita terdiri dari air. Agar kebutuhan air tubuh kita terpenuhi, maka kita harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kurang lebih 80% air dimana jenis makanan lain tidak dapat menandinginya. Jadi jelas buah merupakan salah satu jenis makanan yang dapat memenuhi kebutuhan air anda.




2.Buah 100% bebas dari kolesterol jahat.
   Tidak diragukan lagi, terlalu banyak kolesterol di dalam darah tidak baik bagi kesehatan dan dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit degeneratif seperti obesitas/kegemukan, diabetes, dan penyakit jantung koroner. Buah-buahan tidak mengandung kolesterol. Suatu penelitian menyebutkan, buah apel dapat membantu menurunkan kolesterol darah anda jika dikonsumsi minimal 3 kali dalam 1 minggu.

3.Banyak mengandung serat
   Diet tinggi serat dapat membantu mengatasi masalah kegemukan.obesitas, tkanan darah tinggi, diabetes dan faktor-faktor penyebab penyakit jantung. American Heart Association (AHA) menyarankan untuk mengkonsumsi 25-30 gram per hari. Ini berarti paling tidak kita harus mengkonsumsi 5-9 porsi buah atau sayuran dalam sehari agar terhindar dari masalah di atas.

Itulah tiga alasan utama mengapa kita harus mengkonsumsi buah. Disamping itu ada manfaat lain dari buah yang diperlukan tubuh, seperti kandungan vitamin dan mineralnya. Jadi tidak ada alasan bagi anda untuk menghilangkan konsumsi buah dalam menu makanan sehari-hari. Mulai mengkonsumsi buah hari ini juga!!!

No comments:

Post a Comment